" /> Bimbingan Pemakai dan Pelatihan Literasi Informasi bagi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi Tahun 2017 – Perpustakaan Universitas Siliwangi

Bimbingan Pemakai dan Pelatihan Literasi Informasi bagi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi Tahun 2017

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat. Selain itu, pemanfaatannya yang secara luas telah membuka peluang pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kebebasan dalam mengakses informasi tersebut menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif bagi pencari informasi. Tidak semua informasi informasi yang diterima khususnya informasi yang bersumber dari internet dapat dimanfaatkan karena ketidakjelasan sumber dan pembuat informasi yang ada di internet, maka dari itu diperlukannya kemampuan literasi informasi.

Literasi informasi adalah kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi, untuk dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, dan secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi. Kemampuan Literasi Informasi sangat dibutuhkan oleh mahasiswa maupun dosen dalam menyusun sebuah karya ilmiah sehingga karya ilmiah yang dibuat mengambil sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan bukan hanya karya ilmiah yang terindikasi plagiarisme atau karya ilmiah yang merupakan hasil menjiplak hasil karya ilmiah orang lain.  

Berdasarkan permasalahan diatas Perpustakaan Universitas Siliwangi menyelengarakan bimbingan pemakai dan pelatihan literasi informasi pada tanggal 11 September s.d 14 September 2017 yang diikuti 350 mahasiswa baru Universitas Siliwangi Tahun 2017.